Senin, 12 Desember 2011

artikel Pengembangan Organisasi

  Tugas Mandiri                                                                                         Dosen Pembimbing
Prilaku Organisas                                                                                   Sahwitri triandani Se.M.Si


Pengembangan Organisasi


  DISUSUN OLEH :
DIDI RINALDI
10971008266
JURUSAN MANAJEMEN(PEMASARANB/V)
FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
2011/2012



Pengembangan Organisasi

Mengapa muncul pengembangan organisasi?
 kondisi dan keadaan yang dinamis
perubahan muncul sesuai dengan perkembangan pengembangan organisasi

PENGERTIAN PENGEMBANGAN ORGANISASI (Organization Development) merupakan: Suatu pendekatan sistematik, terpadu dan terencana untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan masalah-masalah (seperti kutrangnya kerja sama/koperasi, desentralisasi yang berlebihan dan kurang cepatnya komunikasi dan sebagainya) yang merintangi efisiensi pengoperasian pada semua tingkatan.
Definisi pengembangan organisasi:
 Warren G. Bennis :
pengembangan organisasi adalah suatu jawaban terhadap perubahan, suatu strategi pendidikan yang kompleks yang diharapkan untuk merubah kepercayaan, sikap, dan nilai dan susunan organisasi sehingga organisasi dapat lebih baik dalam menyesuaikan dengan teknologi, pasar, dan tantangan yang baru serta perputaran yang cept dari perubahan itu sendiri.

 Richard Beckhard :
Pengembangan organisasi adalah usaha berencana meliputi organisasi keseluruhan yang diurusi dari atas untuk meningkatkan efektivitas dan kesehatan organisasi melalui pendekatan berencana dalam proses organisasi dengan memakai pengetahuan ilmu perilaku.
Ciri-ciri pengembangan organisasi yang efektif sebagai berikut :
 Strategi terencana
 Menekankan cara-cara baru m eningkatkan kinerja
 Mengandung nilai humanistik
 Menggunakan pendekatan komitmen
 Menggunakan pendekatan ilmiah
Karakteristik pengembangan organisasi :
 Perubahan yang direncanakan
 Perubahan komprehensif
 Perubahan jangka panjang
 Tekanan pada kelompok-kelompok kerja
 Partisipasi pengantar perubahan
 Manajemen kolaboratif
 Tekanan pada intervensi dan riset kegiatan
Sejarah pengembangan organisasi
French dan Bell menemukakan bahwa ”Pengembangan organisasi telah muncul dari ilmu pengetahuan keperilakuan terapan dan psikologi sosial dan dari usaha-usaha yang berurutan untuk menerapkan latihan laboratorium dan survei umpan balik ke dalam berbagai sistem total”. Jadi, dapat dikatakan bahwa dua pendekatan pengembangan organisasi adalah latihan laboratorium dan survei umpan balik. Hasil karya Kurt Lewin merupakan peralatan bantu dalam kedua pendekatan tersebut.
Contoh kasus:
 Kegagalan Succession Planning dan Robohnya Citibank
Citi Group Citibank + travelers Group merger Citi group merupakan hasil dari pengembangan organisasi dengan melakukan merger antara citibank dan travelers group. Namun contoh kasus citibank ini merupakan salah satu contoh dari gagalnya pengembangan organisasi dikarenakan adanya kesalahan dalam struktur internal perusahaan (pemilihan pemimpin) yang tidak berdasarkan skill SDM (mampu tidaknya dalam membaca situasi global) namun berdasarkan “perkoncoan”. Hal ini memperburuk sistem perusahaan dan pada akhirnya citigroup mengalami gejolak / krisis manajerial yang parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar