Minggu, 11 Desember 2011

makalah.MOTIVASI DALAM ORGANISASI

Tugas Kelompok                                                                                Dosen Pembimbing
Prilaku Organisasi                                                                   Sahwitri  Tri Andani SE.M.Si


MOTIVASI DALAM ORGANISASI
DISUSUN OLEH :
DIDI RINALDI
                                      FAJAR RAMADANI
SUDARYANTI
M. FIRMAN
NURKHOLIS
RIANTO
S. ADE ZULMI
JURUSAN MANAJEMEN (PEMASARAN B/V)
FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
                                                  2011/2012    


Pendahuluan
         Di era persaingan global yang begitu ketat, sebuah organisasi perusahaan tak hanya cukup dengan komunikasi, manajemen, serta kepemimpinan yang baik saja , ada satu variabel yang sangat mempengaruhi produktifitas dalam sebuah organisasi yaitu motivasi. Dalam bekerja seorang karyawan acap kali merasa bosan dengan pekerjaan yang monoton, sehingga produktifitas di perusahaan menurun dari waktu kewaktu.
  Biasanya bidang ekonomi memusatkan perhatiannya pada penggunaan efisiensi-X oleh leibenstein (1978) bahwa “perusahaan atau organisasi itu menghasilkan keluaran (output) maksimal bagi seperangkat sumber daya tertentu ( kadang-kadang disebut efisiensi tekknis)”. Asumsi ini menimbulkan asumsi sampingan bahwa organisasi pasti meminimalkan biaya.istilah motivasi merujuk kepada dasar yang mndorong tindakan.
      Satu perangkat menganggap kekurangan kebutuhan sebagai kondisi pendorong yang menimbulkan presdiposisi tertentu yang berlaku. Sementara suatu teori lain menganggap harapan dalam lingkungan sebagai menimbulkan bentuk-bentuk tertentu tujuan dan tindakan yang mengikutinya, teori ketiga menganggap persepsi atas tempat kerja sebagai menimbulkan bentuk-bentuk tertentu potensi yang menimbulkan tindakan.














Kata Pengantar                                  
     Segala puji puja serta syukur marilah bersama-sama kita panjatkan kehadirat allah swt, yang masih memberikan segala nikmatnya kepada kita semua sebagai hambanya. Sehingga pemakalah dapat menyelesaikan makalah dengan judul motivasi dalam organisasi yang merupakan tugas dari mata kuliah prilaku organisasi  . selawat dan salam marilah bersama-sama senantiasa kita hadiah kejunjungan alam nabi besar Muhammad SAW. Yang mana beliau telah membawa manusia dari zaman kebodohan kepada zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan ini.
           Dalam penulisan makalah ini banyak pihak yang terlibat, oleh karenanya pemakalah ingin mengucapkan ribuan terimakasi yang pertama kepada allah swt. Kepada dosen pembimbing yang mempercayai materi ini kepada kami (pemakalah), dan kepada teman-teman yang telah menuangkan pemikirkannya dalam pembuatan makalahh ini, kami pemakalah sangat berterima kasih atas bantuan segala pihak.
          Dan pemakalah sangat menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan masukan yang membangun dari siapa saja yang membaca makalah ini. semoga makalah ini bisa membantu proses belajar mengajar di mata kuliah prilaku organisasi, khusunya di materi motivasi dalam organisasi  .
            Demikian kata pengantar dari kami, yang benar datangnya dari allah. Dan yang salah datangnya dari kami sebagai hambanya yang tak luput dari salah. Terimakasih atas segala perhatian.


Pekanbaru 23 oktober 2011


                                                                                                          Pemakalah






Penutup
v Kesimpulan
         Motivasi merupakan dorongan yang mengerakkan seorang untuk melakukan suatu aktivitas atau tindakan tertentu, yang biasanya motivasi itu didasarkan pada :
harapan,penghargaan,tujuan,tantangan,keakraban,tanggung jawab,kesempatan untuk maju dan hal-hal lainnya yang membuat seseorang bersemangat dalam melakukan suatu aktivitas .

            teori persepsi tentang motivasi menjelaskan motivasi dalam arti bagaimana anggota organisasi menafsirkan lingkungan kerja mereka. Dimana vitalitas kerja yang ditunjukan seseorang pekerja didasari atas faktor-faktor apa yang memberi andil dan berkaitan dengan efek negatif terhadap vitalitas seseorang serta apa yang menimbulkan kegairahan dalam bekerja.
           
             Dan harapan merupakan gambaran apa yang akan orong pikirkan mengenai apa yang terjadi pada mereka, dan pemenuhan merupakan suatu alasan mengapa harapan tak terpenuhi menimbulkan konsekwensi negatif . dan peluanglah yang mungkin merupakan unsur paling kuat dari empat unsur yang mempengaruhi vitalitas kerja karena ia mempunyai konsekuensi yang secara potensial merusak bila tidak hadir.

v Saran
          Saran dari pemakalah untuk para pelaku organisasi terutama organisasi perusahaan , ialah pemakalah ingin agar para pelaku organisasi dapat meningkatkan motivasi baik untuk orang lain, lebih-lebih untuk dirinya sendiri. Sehingga suatu organisasi itu tidak jalan di tempat atau lebih buruknya kinerja karyawan yang menurun karna kurangnya motivasi mengakibatkan kerugian yang besar pada organisasi tersebut.

v Kritik
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




DAFTAR ISI
Kata Pengantar ..........................................................................................         i
Pendahuluan     ..........................................................................................         ii
Daftar Isi           .........................................................................................          iii
Motivasi Dalam Organisasi ...................................................................... 1
Konsep motivasi ....................................................................................... 1
Teori motivasi ...........................................................................................          2
Teori defisiensi motivasi ..........................................................................  3
Teori ERG ................................................................................................ 4
Teori Kesehatan-Motivator .....................................................................  5
Teori Harapan Dan Motivasi ................................................................... 5
Teori Persepsi Tentang Motivasi ............................................................   6
Harapan ................................................................................................... 7
Pemenuhan ..............................................................................................  7
Peluang ...................................................................................................            7
Kinerja ...................................................................................................             9
Pengertian motivasi ...............................................................................              9
Beberapa faktor yyang mempengaruhi motivasi ...................................              10
Penutup :
Kesimpulan ............................................................................................             13
Saran ......................................................................................................             13
Kritik .....................................................................................................              13
Daftar pustaka ......................................................................................              14              

1 komentar:

  1. susunan makalahnya berantakan ,tapi isi dari makalahnya lumayan

    BalasHapus