Minggu, 11 Desember 2011

makalah, strategi, konsep dan penngembangan pemasaran


Tugas Kelompok                                                                                                                 Dosen Pembimbing
M.Pemasaran Lanjutan                                                                                                     Ferizal Rachmat Se.Mm

STRATEGI, KONSEP , DAN PERKEMBANGAN PEMASARAN
Disusun oleh
Didi rinaldi
Silvia warliana
Supriandi
Sumindar
Nurul fadli
Jurusan Manajemen (Pemasaran B)
Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
2011






STRATEGI PEMASARAN
          Strategi pemasaran adalah serangkaian kegiatan dan sasaran , kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke  waktu pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah.

          Faktor lingkungan yang di analisis dalam penyusunan strategi pemasaran adalah keadaan pasar atau persaingan , perkembangan teknologi,keadaan ekonomi ,peraturan dan kebijakan pemerintah , keadaan sosial budaya dan keadaan politik .masing-masing faktor ini dapat   menimbulkan adanya kesempatan atau ancaman/hambatan bagi pemasaran produk suatu perusahaan.faktor internal perusahaan yang dianalisis dalam penyusunan strategi pemasaran adalah faktor yang terkait dengagn pelaksanaan fungsi perusahaan ,yang meliputi keuangan/pembelanjaan pemasaran,produksi serta organisasi dan sumber daya manusia.,

A.    Strategi Umum Dan Menyeluruh Pemasaran
          Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarahkan kegiatan atau usaha pemasaran dan suatu perusahaan , dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah, agar dapat mencapai tujuan-tujuan yang di harapkan. Jadi dalam menetapkan strategi pemasaran yang akan di jalankan,perusahaan harus lebih dahulu melihat situasi dan kondisi pasar serta menilai posisinya di pasar . dengan mengetahui keadaan dan situasi pasar dan produknya, srta posisi perusahaan dalam memasarkan produknya di pasar,maka dapatlah di tentukan tujuan dan sasaran apa yang diharapkan akan dapat di capai dalam bidang  pemasaran,dan bagaimana kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut.semua kegiatan ini terangkum dengan apa yang dimaksud perencanaan pemasaran.

          Ada enam tahapan dalam proses pemasaran
1.      Analisis peluang /kesempatan pasar
2.      Pemilihan/penetapan sasaran pasar
3.      Strategi peningkatan posisi persaingan
4.      Pengembangan sistem pemasaran
5.      Pengembangan /penyusunan rencana pemasaran
6.      Penerapan rencana dan pengendaliannya
Sembilan strategi yang dpat dijalankandalam menghadapi saingan melalui diferensiasi harga dan mutu/kualitas,yaitu:


1. Kualitas tinggi dan harga tinggi, disebut strategi premium
2. Kualitas tinggi dan harga sedang/menengah ,disebut strategi penetrasi
3. Kualitas tinggi dan harga murah ,di sebut strategi superbargain
4. Kualitas menengah dan harga tinggi , di sebut strategi  over-pricing
5. kualitas menengah dan harga murah, disebut strategi kualitas/mutu rata-rata
6. Kualitas menengah dan harga murah,disebut strategi bargain
7. Kualaitas rendah dan harga tinggi,disebut strategi pukul dan lari(hit and run).
8. Kulaitas rendah dan harga sedang/menengah,disebutstrategi barang-barang tiruan/palsu (shoddy goods)
9. Kualitas rendah dan harga murah, disebut strategi barang-barang murah (cheap goods).
STRATEGI SASARAN PASAR
          Strategi pemasaran yang berhasil sangat sitentukan oleh tingkat kepuasan konsumen yang di perolehnya dari kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk produknya. atas dasar ini dapat dikatakan  bahwa tujuan dan sasaran pemasaran produk adalah untuk memberikan kepuasan kepada konsumen produk tersebut, dimana perlu ditetapkan strategi pemasaran yang tepat.
          Dan kepuasan konsumen merupakan ukuran keberhasilan strategi pemasaran  per usahaan dalam memasarkan produk . mengukur tingkat kepuasan konsumen merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan memerlukan kriteria tertentu . kepuasan konsumen dapat di ukur dari sudut :
1. “ suara konsumen” (consumer’s vote)
2. Laba atau keuntungan perusahaan” (company’s profit).

penetapan strategi sasaran pasar merupakan hasil perkembangan terakhir dari pendekatan atau pandangan pimpinan perusahaan dalam memasarkan produknya. Trdapat perkembangan pandangan atau pendekatan dari pada pimpinan perusahaan umumnya da pemassaran khususnya, yaitu melalui tiga tahapan , sebagai brikut;
1.      pemasaran massal
2.      pemasaran dengan diferensiasi produk
3.      pemasaran sasaran (target marketing)
strategi pemasaran umum
dalam hubunganstrategi pemasaran secara umum ini, dapat dibedakan tiga jenis strategi pemasaran yang dapat ditempuh perusahaan, yaitu:
a.      strategi pemasarkan yang tidak membeda-bedakan pasar(undifferentiated marketing)
b.      strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (differentiated marketing)
c.       strategi pemasaran yang terkonsentrasi (concentrated marketing)

B.     strategi pemasaran menyeluruh perusahaan
          strategi perusahaan adalah suatu rencana induk(master plan) yang merinci pokok-pokok arah  usaha perusahaan dalam mencpai tujuan serta uraian mengenai cara penggunaan sumber daya untuk memanfaatkan kesempatan dan mengatasi ancaman atau hambatan masa kini maupun masa mendatang.strategi pemasaran menyeluruh perusahaan tercermin dalam rencana strategi pemasaran perusahaan (corporate marketing plan) yang di susun . rencana setrategi pemasaran perusahaan adalah rencana pemasaran jangka panjang yang bersifat menyeluruh dan strategi , yang merumuskan berbagai strategi dan program pokok di bidang pemasaran perusahaan , yang akan silaksanakan untuk mencapai tujuan perusahaan pada jangka waktu tertentu dalam jangka panjang di masa depan.
          Ciri penting rencana strategis pemasaran perusahaan ini adalah :
a.  titik tolak penyusunannya melihat perusahaan secara keseluruhan
b. diusahaan dampak kegiatan yang direncanakan bersifat menyeluruh
c.  dalam penyusunannya diusahakan untuk memahami kekuatan yang mempengaruhi perkembangan perusahaan
d. jadwal waktu (timing) yang ditentukan adalah yang sesuai dan mempertimbangkan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan, dan
e.  penyusunan rencana silakukan secara realistis dan relevan dengan lingkungan yang di hadapi.
Rencana strategis pemasaran mencakup dua unsur yagn penting, yaitu :
1. strategi perusahaan yang menentukan produk apa yagn dihasilkan dan pasar mana yang dilayani perusahaan.
2. Strategi acuan produk (product mic strategy), yang menentukan kontribusi yang diharapkan dari masing-masing produk 
Faktor  yang mempengaruhi rencana strategis pemasaran perusahaan adalah
1. Strstegi dalam menghadapi passar yang ada sekarang (current market), yang dapat berupa:
a.      Strategi penetrasi pasar
b.      Strategi pengembangan produk, dan
c.       Strategi integrasi vertikal
2. Strategi dalam menghadapi pasar yang baru(new market),yang berupa:
a.      Strategi pengembangan produk
b.      Strategi sinergistic diversification, dan
c.       Strategi conglomorate diversification

d.      Dalam rencana strategi pemasaran perusahaan terdapat landasan strategi didalam pemasaran perusahaan ,yang dikenal dengan strategi produk-pasar(product-market strategi), yaitu produk yang akan dipasarkan  perusahaan dan pasar yang dilayani perusahaan. Dari landasan strategi ini dapat ditetapkan alternatif strategi pemasaran , yaitu :

                                                              i.      Strategi penetrasi psar
                                                            ii.      Strategi formulasi kembali produk/penggembangan produk (reformulation strategi )
                                                          iii.      Strategi perluasan /pengembangan pasar
                                                           iv.      Strategi penggantian produk(replacement strategi)
                                                             v.      Strategi segmentasi pasar dengan differensiasi produk
                                                           vi.      Strategi perluasan product-line
                                                         vii.      Strategi diversifikasi yang terkonsentrasi (concentric difersificationstrateggi)
                                                       viii.      Strategi difersifikasi horizontal
                                                           ix.      Strategi diversifikasi conglomerate
                                                             x.      Strategi integrasi
C. Strategi penetrasi pasar
Strategi penetrasi pasar adalah suatu strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan penjualan atas produk dan pasar yang telah tersedia melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih agresif. Secara umum , penetrasi pasar dapat di bedakan atas tiga bentuk, yaitu :
1. Perusahaan dapat mencoba untuk meransang konsumen agar mereka meningkatkan pembeliannya.
2. Perusahaan dapat meningkatkan usahanya dengan menarik atau mempengaruhi konsumen saingan.
3.  Perusahaan dapat meningkatkan usahannya dengan menarik yang yang bukkan pemakai (nonusers) atau calon konsumen yang berada dalam lingkungan pasarnya.
Beberapa strategi pasar yang dapat digunakan terkait dalam usaha untuk meningkatan penguasaan pasar oleh perusahaan dan sekaligus meningkatkan penjualan. Dan strategi ini tidak terlepas dengan usaha perusahaan untuk memasuki pasar dengan suatu produk yang baru. Dalamm usaha ini perusahaan dapat mengatur kegiatan pemasarannya dalam bentuk salah-satu dari strategi sebagai berikut :
a. Strategi rapid skimming
Strategi dijalankan dengan menetapkan tingkat harga penjualan dan tingkat kegiatan promosi yang tinggi. Strategi ini hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan beberapa asumsi  sebagai berikut :
1. Sebagian besar potensi pasar yang belum mengenal produk.
2.  Calon konsumen yang telah mengenal produk akan tertarik untuk memiliki produk tersebut dengan memiliki kesanggupanuntuk membayar harga yang diminta.
3. Perusahaan menghadapi persaingan yang potensial dan bertujuanuntuk membangun preferensi merek(brand preference).
b. Strategi slow skiming
Strategi ini dijalankan dengan menetapkan harga penjualan yang tinggi dan kegiatan promosi yang rendah. Tujuan penetapan harga jual yang tinggi adalah untuk memperoleh laba per unit yang setinggi-tingginy,sebelum para pesaing memasuki pasar dengan menawarkan produk yang sama.strategi slowvskimming hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan beberapa asumsi sebagai berikut:
1.      Luas pasar secara relatif terbatas
2.      Sebagian besar pasar telah mengenal produk ini
3.       Calon konsumen bersedia membayar harga yang di minta, dan
4.      Kemungkinan ancaman para pesaing kecil.
c.  Strategi rapid penetration
Strategi ini dijlankan dengan menetapkan harga produk yang rendah dan kegiatan promosi yang tinggi . strategi ini di jalankan dengan tujuan agar perusahaan dapat menyusup di pasar dan dapat a
Memasuki pasar secepat-cepatnya sehingga dapat di peroleh share pasar sebesar-besarnya.strategi pasar hany adapat dijalankan dengan menggunakan beberapa asumsi sebagai berikut:
1.      Luas pasar relatif cukup besar
2.      Umumnya pasar itu belum mengenal produk
3.      Calon konsumen umumya peka terhadap harga.
4.      Kemungkinan ancaman para pesaing cukup besar, dan
5.      Biaya produk perunit cendrung menurun dengan bertambahnya jumlah produksi dan pengalaman kerja.
d. Strategi slow penetration
Strategi ini dijalankan dengan menetapkan harga jual yang rendah dan kegiatan promosi yang  juga rendah. Harga yang rendah juga dimaksudkan agar perusahaan dapat merangsang pasar untuk menyerap produk dengan cepat sedangkan dilain pihak perusahaan dapat menjaga agar biaya promosinya tetap rendah sehingga laba bersih yang dapat diperoleh cukup besar dengan strategi ini, prusahaan berangapan pasar tersebut mempunyai harga yang cukup elatis, tetapi promosinya kurang elastis.
          Strategi ini hanya dapat dijalankan denngan menggunakan beberapa asumsi sebagai nberikut :
1. Luas pasar relatif cukup besar .
2. Umumnya pasar itu sangat mengenal produk tersebut.
3. Umumnya pasar itu sangat sensitif terhadap harga (price sensitive).
4. Kemungkinan ada ancaman dari para pesaing.
Strategi acuan/bauran pemasaran(marketing mix).
          Seperti diketahui, strategi pemasaran adalah himmpunan asas yang tepat,konsisten,dan layak dilaksanakan oleh perusahaan guna mencapai sasaran pasar yang dituju(target pasar) dalam jangka panjang dan tujuan perusahaan  jangka panjang(objectives),dalam situasi persaingan tertentu . dal;am strategi pemasaran ini , terdapat strategi acuan/bauran pemasaran(marketing mix),yang menetapkan komposisi terbaik da keemat komponen atau variabel pemasaran, untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju sekaligus mencpai tujuan dan sasaran perusahaan. Keempat strategi unsur variabel strategi acuan/baur pemasaran tersebut adalah:
a. strategi produk
b. strategi harga
c.  strategi penyalur/distribusi , dan
d. strategi promosi.
Strategi sikluskehidupan usaha/daur hidup produk (product rife circle)
          Dalam rangka pencapaian sasaran pasar dan tujuan pemasaran, perlu diperhatikan salah satu faktor yang penting bagi keberhasilan strategi pemasaran yang dijalankan adalah tahapan kehidupan usaha produk(product life cycle).
Siklus kehidupan usaha produk(product life cycle)
          Umumnya pemasaran  setiap produk melalui tahapan yang tedapat dalam siklus kehidupan usaha produk, yang teriri dari thapan pengenalan(introducion), tahapan pengembangan (growth), tahapan pematangan(maturity), dan tahapan penuaan/penurunan (decline).
          KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran adalah suatu falsafah manajemen dalam bidang pemasaran yang berorientasi kepada kebutuhan dan keinginan konsumen dengan didukung oleh kegiatan pemasaran terpadu yang diarahkan untuk memberikan kepuasan konsumen sebagai kunci keberhasilan organisasi dalam usahanya mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jadi konsep pemasaran merupakan orientasi perusahaan yang menekankan bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhandan keinginan pasar, dan selanjutnya memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut sehingga di capai tingkat kepuasan langganan yang melebihi dari kepuasan yang diberikan oleh para saingan.
          Pada hakikatnya konsep pemasaran menekankan orientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen yang didukung oleh kegiatan yang terpadu, yang ditujukan untuk keberhasilan mencapai tujuan perusahaan. Dengan demikian ada empat unsur pokok yang terdapat dalam konsep pemasaran yang terpadu, kepuasan konsumen/langganan , dan tujuan perusahaan jangka panjang.
TUJUAN PENGGUNAAN KONSEP PEMASARAN
          Tujuan penggunaan konsep pemasaran adalah mengubah orientasi falsafah manajemen pemasaran lain yang ternyata telah terbukti tidak berhasil mengatasi berbagai persoalan, karena adanya perubahan dalam ciri-ciri pasar dewasa ini yang cendrung berkembang. Perubahan tersebut terjadi antara lain karena pertambahan jumlah penduduk, pertambahan daya beli, peningkatan dan meluasnya hubungan atau komunikasi , perkembangan teknologi, dan perubahan faktor lingkungan pasar lainnya.
Perkembangan manajemen pemasaran
          Kegiatan pemasaran sebenarnya sudah berkembang sejak adanya kebutuhan manusia dan usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia itu melalui pertukaran. Perkembangan peradaban manusia menimbulkan perkembangan penggunaan alat pertukaran. Dengan adanya perkembangan tersebut mulailah dikenal transaksi jual beli. Pada masa itu pemasaran barulah merupakan kegiatan transaksi jual-beli dimana seluruh barang yang dihasilkan atau diproduksi dengan mudah dapat terjual. Masalah yang diutamakan pada saat itu bagainmana menghasilkan suatu barang .
          Hal ini terutama disebabkan barang apapun yang dihasilkan akan dapat terjual . oleh karena itu, orientasi pemikiran manajemen pada saat itu adalah orientasi produksi, dengan meningkatnya jumlah barang yang diproduksi dan adanya peningkatan usaha untuk memenuhi kebutuhanmanusia, menimmbulkan kegiatan perdagangan dan usah a pendistribusian barang dari tangan produsen sampai ke tangan konsumen.
          Perkembangan pemasaran modern dimulai sejak timbulnya revolusi industri di negara-negara barat . timbulnya persaingan merupakan produk tambahandari timbulnya revolusi industri, di samping tumbuh dan berkembangnya pusat-pusat  urbanisasi atau perkotaan dan berkurangnya penduduk dipedesaan . dalam hal ini terdapat pergeseran kegiatan operasi pengerjaan tangan dalam rumah tangga pada umumnya menjadi kegiatan maksimal dalam industri atau pabrik.
            Perkembangan selanjutnya dari ilmu pemasaran ini adalah pemasaran di lihat dari teori pasar dan distribusi , sehingga menimbulkan pengkajian pemasaran dari beberapa pndekatan , yaitu pendekatan kelembagaan, kegiatan fungsi, dan pendekatan barang(commodity). Dari pendekatan kelembagaan, maka pemasaran dilihat dari berbagai mata rantai distribusi, seperti pedagang besar, pedagang perantara, pedagang pengecer,dan pedagang pengumpulsetiap kegiatan pemasaran berkaitan deengan mata rantai distribusi yang tercermin dalam tingkat keuntungan dan tingkat harga di berbagai tingkat mata rantai. Dalam pendekatan fungsi dikenal berbagai fungsi pemasaran yaitu pembelian (buying), penjualan (selling), penjajaan(marchandising), penggangkutan(transporting), penggudangan (warehousing), pembelanjaan(financing), standarisasi dan grade (standardization and grading ), penanggungan risiko(risk bearing), dan pengimformasian pasar(market information), kesembilan fungsi tersebut dapat di kelompokan kedalam tiga fungsi utama, yaitu fungsi pertukaran(exchange), fungsi distribusi fisik, dan fungsi penunjang (facilitating function)   .
            Perkembangan terakhir , pemasaran dilihat dari penerapan ilmu manajemen , yang mencakup proses pengambilan keputusan yang didasarkan atas konsep pemasran dan proses manajemen yang mencakup analisa , perencanaan , pelaksanaan kebijakan , strategi dan taktik, dan pengendalian. Dengan pendekatan manajerial inilah , mulai dikenal manajemen pemasaran , yang tidak terlepas dari pembahasan manajemen secara umum, dimana terdapat fungsi-fungsi manajemen atau proses manajemen . dalam falsafah inilah mulai dikembangkannya konsep pemasaran dalam falsafah dan sistem pemasaran dengan intinya adalah strategi pemasaran terpadu (marketing mix strategi).  

1 komentar:

  1. FBS Indonesia – FBS ASIAN adalah salah satu Group Broker Forex Trading FBS Markets Inc
    yang ada di ASIA dimana kami adalah online support partner fbs perwakilan yang sah dipercayakan oleh perusahaan FBS untuk melayani semua klien fbs
    di asia serta fbs yang ada di indonesia.
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com.
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    BalasHapus