Rabu, 21 Desember 2011


30 10 2007
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan pesat dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang telekomunikasi juga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Komunikasi merupakan suatu hal yang penting yang dianggap mampu membantu hidup manusia. Sejak ditemukannya alat komunikasi, gerak hidup manusia menjadi berubah lebih mudah dan terasa dekat. Salah satu alat komunikasi yang digunakan saat ini adalah telepon rumah.
Semakin lama pola pikir konsumen berubah seiring perkembangan jaman. Konsumen yang dulunya hanya menggunakan alat komunikasi, disebut telepon, kini mulai beralih menggunakan telepon seluler. Telepon seluler mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan telepon rumah, yaitu bisa dibawa kemanapun kita pergi. Lambat laun telepon rumah mulai ditinggalkan konsumen sehingga perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi dapat mengambil peluang baru dari keinginan­-keinginan dan kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi.
Pilihan-pilihan teknologi telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tekologi GSM (Global System for Mobile community) yang mendominasi pasaran terkenal tarifnya yang mahal serta kecepatan akses datanya hanya 64 Kbps akan tetapi memiliki jaringan yang luas hingga ke pelosok negeri sebab telah lama beroperasi di Indonesia. Kemudian telepon seluler yang berbasis teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) 2000 1X yang beroperasi menggunakan lisensi telepon saluran tetap (fixed wireless) memiliki tarif jauh lebih rendah (sama dengan tarif telepon tetap/ fixed line) dibanding dengan tarif telepon seluler yang berbasis GSM. CDMA ini memiliki kekurangan mobilitas masih terbatas dan masih terjadi blank spot serta drop call karena jangkauannya yang terbatas. Teknologi CDMA mampu mengurangi suara berisik di latar belakang atau yang dihasilkan karena percakapan silang, memastikan kualitas suara yang lebih baik dan terus diperluas oleh mikroprosesor yang ada dalam telepon seluler. Teknologi CDMA juga menyediakan kapasitas suara dan komunikasi data, memungkinkan lebih banyak pelanggan untuk terhubungkan pada waktu bersamaan serta memungkinkan untuk tugas-tugas multimedia. Teknologi CDMA mengkonsumsi tenaga listrik yang kecil sehingga memungkinkan untuk memperpanjang daya tahan baterai dan waktu bicara dapat lebih lama. Selain itu, rancangan teknologi CDMA menjadikan CDMA aman dari upaya penyadapan. (www.x-phones.com/www/art_detail.php?=3088)
Melihat kondisi konsumen seperti itu, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi mulai berlomba-lomba mengeluarkan kartu/ Sim Card (isi dari telepon seluler) dengan jenis CDMA demi memuaskan konsumen. Perusahaan­perusahaan tersebut antara lain 
1.      PT. Telekomunikasi Tbk., dengan produk TELKOMFlexi 
2.      PT. Indosat Tbk., dengan produk StarOne, 
3.      Bakrie Telecom, dengan produk Esia 
4.      Mobile-8 Telecom, dengan produk Fren.  Banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi berbasis CDMA mengakibatkan persaingan semakin ketat.

Di Indonesia total pelanggan CDMA sampai dengan tahun 2006 berkisar tujuh juta pelanggan. Angka ini disumbangkan oleh Flexi sebanyak lima juta pelanggan, Fren dari Mobile-8 sebanyak 1,3 juta pelanggan, Esia dari Bakrie Telecom sebanyak 1,3 juta pelanggan dan StarOne dari Indosat sebanyak 250 pelanggan. Persaingan tidak terelakkan dan celah yang dapat diambil untuk memenangkan konsumen adalah segi tarif dan teknologi. (www.majalahtrust.com/ekonomi/sektor_riil/1027.php)
PT. Telekomunikasi Tbk, atau yang biasa dikenal dengan sebutan TELKOM merupakan perusahaan informasi dan komunikasi (InfoCom) serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. Produk dan layanan TELKOM menjadi dua yaitu produk dan layanan untuk korporat dan produk dan layanan untuk personal, yang meliputi jasa telepon tetap kabel (fixed wire line), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data & internet serta jasa multimedia lainnya. Dari kesemua produk tersebut jelas bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan berkomunikasi.
Produk dari TELKOM yang berkaitan dengan CDMA adalah TELKOMFlexi (sering disebut Flexi). Flexi.ada dua jenis yaitu Flexi Trendy (pra bayar) dan Flexi Classy (pasca bayar). Pembahasan akan difokuskan pada Flexi Classy. Flexi mulai diperkenalkan pada bulan Desember 2002 dan secara komersial mulai diluncurkan Mei 2003. Flexi beroperasi pada dua frekuensi yaitu 1,9 GHz untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya serta 800 MHz di daerah-daerah. Tanntangan Flexi semakin besar ketika perusahaan pesaing mulai memunculkan teknologi-teknologi terbaru (misalnya 3G) dengan harga di bawah standart.
Melihat kondisi pasar yang seperti itu, strategi untuk memenangkan persaingan adalah menyediakan produk yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen yang akan dituju. Dan untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar, sangat diperlukan pengetahuan mengenai perilaku konsumen.
Pada umumnya tidak seluruh variabel pemasaran yang ditampilkan oleh perusahaan akan dipertimbangkan oleh konsumen dalam memutuskan untuk membeli suatu produk. Oleh karena itu perusahaan harus mengetahui variabel bauran pemasaran yang menjadi pertimbangan konsumen dan variabel apa yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Berdasar uraian di atas, peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana variabel-variabel bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan kartu CDMA Flexi Classy di kota Batu mengingat Flexi bukan satu-satunya kartu CDMA di Indonesia. Untuk itu penulis melakukan penelitian dengan judul : “Analisis Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian  Produk TELKOMFlexi Classy (Studi Pengguna Flexi Classy di PT. Telekomunikasi Tbk. Kancatel Batu) “ .

1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan beberapa masalah yang akan diteliti sebagai berikut :
1.      Apakah variabel bauran pemasaran berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk Flexi Classy di Kota Batu?
2.      Variabel bauran pemasaran manakah yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk Flexi Classy di Kota Batu?

1.3. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk Flexi Classy di kota Batu secara simultan dan parsial.
2.      Untuk mengetahui dan menganalisis variabel bauran pemasaran manakah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk Flexi Classy di kota Batu secara simultan dan parsial.

1.4. Manfaat penelitian
1.   Bagi penulis
·          Memperluas wawasan penulis terhadap fenomena yang terjadi dalam bidang pemasaran.
·          Penelitian dapat digunakan sebagai bahan perbandingan sampai sejauh mana teori-teori yang didapat selama masa perkuliahan dapat diterapkan dalam dunia nyata.
·          Merupakan latihan bagi penulis untuk mendefinisikan masalah, menganalisa situasi serta mangadakan penyelidikan dan penelitian yang bersifat formal.

2.   Bagi perusahaan
·          Sebagai sumbangan informasi untuk mnyusun strategi perusahaan.
·          Sebagai bahan pertimbangan dalam mengantisipasi perkembangan permasalahan perusahaan di bidang pemasaran.

3.   Bagi pihak lain ini.
·          Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi dan referensi yang kelak bermanfaat bagi penelitian-penelitian selanjutnya


Tugas mandiri                                                                                     Dosen Pembimbing
  Pemasaran Jasa                                                                               Doni Martias SE.MM

                      Pemasaran  jasa Rinaldi Hotel (5 Star)        







DISUSUN OLEH :
DIDI RINALDI
(10971008266)
JURUSAN MANAJEMEN (PEMASARAN B/V)
FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
                                                  2011/2012    


Latar belakang
            Perkembangan bisnis perhotel berbintang lima dewasa ini kian berlomba-lomba dalam menarik perhatian calon pelanggannya dengan  berbagai strategi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya yang rata-rata merupakan pelanggan yang berkantong tebal yang menginginkan kenyamanan sesuai dengan harapan mereka tentunya.
            Tentunya hotel yang sudah berbintang lima memiliki fasilitas-fasilitas pendukung untuk menjadikannya sebuah hotel yang bertaraf internasional, mulai dari depan hotel, penyambutan oleh security , receptionis yang  hingga sampai ke kamar yang nyaman yang menjadikan satisfaction sang pelanggan terpenuhi.
            Hotel yang berada dekat dengan bandara, terminal, tentunya akan memberikan kemudahan untuk kalangan pebisnis  untuk mengadakan pertemuan dengan koleganya ynag berada di luar kota atau mungkin luar negri. Harga yang tidak terlalu mahal dengan fasilitas yang lengkap tentunya akan menjadi nilai tambah dari hotel tersebut yang membuat pelanggan yang pernah menginap di hotel tersebut akan merekomendasikan hotel tersebut kepada teman-temannya yang akan menginap di kota tersebut.keberagaman nuansa yang menarik seperti nuansa Mediterania, Timur Tengah, gaya klasik Eropa, paduan unsur modern dan tradisional, gaya minimalis, bahkan yang funky dan unik pun dapat anda menjadi unggulan dari hotel tersebut.










Kata Pengantar                                  
     Segala puji puja serta syukur marilah bersama-sama kita panjatkan kehadirat allah swt, yang masih memberikan segala nikmatnya kepada kita semua sebagai hambanya. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas MID  dengan judul RINALDI HOTEL) yang merupakan tugas dari mata kuliah prilaku organisasi  . selawat dan salam marilah bersama-sama senantiasa kita hadiah kejunjungan alam nabi besar Muhammad SAW. Yang mana beliau telah membawa manusia dari zaman kebodohan kepada zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan ini.
          Dan pemakalah sangat menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan masukan yang membangun dari siapa saja yang membaca makalah ini. semoga makalah ini bisa membantu proses belajar mengajar di mata kuliah manajemen pemasaran jasa, khusunya di materi pemasaran jasa pada bisnis perhotelan.  .
            Demikian kata pengantar dari kami, yang benar datangnya dari allah. Dan yang salah datangnya dari kami sebagai hambanya yang tak luput dari salah. Terimakasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kesalahan.


Pekanbaru 25 November 2011


                                                                                            Dirut RH
           








RINALDI HOTEL (5 Star)
                RINALDI HOTEL adalah Hotel yang akan di buka untuk kalangan Bisnis yang datang kepekan baru untuk urusan bisnisnya yang bisa saja di adakan di rinaldi hotel, dan hiburan/liburan masyarakat  di Kota Pekanbaru dan sekitarnya yang ingin mencari hiburan yang berbeda dari tempat hiburan lain. Hotel yang terletak di jalan hr.soebrantas panam ini direncanakan berada di posisi yang strategis . Dimana Hotel ini akan terletak sekitar 500 meter dari pusat Perbelanjaan Ramayana Robinson panam. 4 km dari MTC Giant, sepuluh menit dari Bandara Sultan Syarif Kasim  II Pekanbaru,dan 15 menit dari Terminal Akap Payung Sekaki, dan hotel ini dekat dengan universitas riau yang bisa di tempuh dalam kurun waktu 5 menit, dan universitas islam negri suska yang bisa di tempuh dengan kurun waktu lebih kurang 10 menit  . Hotel bintang 5 di pekanbaru ini memiliki 312 kamar yang di desain dengan mewah dan bernuansakan melayu riau yang mengkombinasikannya dengan dengan perkembangan zaman yang semakin canggih.
 
Hotel iini dilengkapi dengan Fasilitas yang lengkap dan modern,seperti Lantai Eksekutif, koran harian, AC,LCD TV,Safety Box Pribadi untuk menyimpan barang berharga milik tamu yang akan meninggalkan kamarnya untuk keluar hotel,wifi, akses internet 24 jam gratis ,minibar,kamar mandi bathtub dan perlengkapan mandi yang semua fasilitas itu ada dalam kamar. Yang dengan Berbagai fasilitas kamar yang lengkap di berikan untuk membuat para tamu merasa nyaman. Fasilitas luar kamar dari Rinaldi Hotel antara lain kolam renang luar dan dalam ruangan untuk dewasa dan anak-anak. Walaupun di sediakan air hangat di kamar mandi masing-masing namun kami juga menyediakan Kolam untuk menghangatkan diri untuk dalam ruangan yang di buat khusus untuk pria, berada di lantai 5 dan buat wanita serta anak-anak di bawah 10 tahun berada di lantai 3. Yang di sertai dengan terapi kaki oleh ikan-ikan kecil sebelum kita berendam. Si sediakan pula fasilitas olahraga seperti futtsal dalam ruangan, painball bagi pengemar olahraga extrime ini, panjat tebing dalam ruangan, bolling, bilyar, di buat kebun buah di atap rinaldi hotel ini dengan berbagai jenis buah-buahan seperti buah naga, strobery, markisa , apel, dengan suhu yang di sesuaikan seperti suhu udara tempat buah-buah tersebut hidup. Akan di sediakan education dari tiap-tiap buah-buahan itu mulai dari menanam, merawat, hingga memanenya. Jadi rinaldi hotel ini cocok sekali untuk keluarga yang ingin berlibur membawa anak-anaknya bermain dan belajar di Rinaldi Hotel ini.
Fasilitas hotel-hotel berbintang Indonesia juga semakin ketat berkompetisi dalam mengakomodasi tiap kebutuhan dan keinginan kustomer. Selain fasilitas-fasilitas yang di atas Rinaldi Hotel & convention center yang di rancang untuk berbagai kegiatan dan pertemuan-pertemuan dengan fasilitas yang canggih lengkap sebagai kebutuhan bisnis, traning dan lainnya. Tersedia pula telekomunikasi nirkabel, hi-tech serta laser disc suara sistem.

Salah satu ballroom, firma sanggup menampung hingga 3000 tempat duduk , hal ini terbesar di sumatra untuk konferensi, insentif konvensi,rapat, wisuda , pameran dan lain-lain. Rinaldi hotel Juga mengunggulkan keunikan dan pesona tersendiri tanpa meninggalkan kecanggihan serta profesionalitas pelayanan yang berbungkus senyuman ramah. Lokasi kami yang terletak di area strategis, hingga mempermudah anda menjangkau pusat perkantoran, area komersil, niaga serta hiburan.

            Nuansa yang ditawarkan ialah nuansa melayu riau yang di padukan dengan nuansa Timur Tengah, gaya klasik Eropa, paduan unsur modern dan tradisional, gaya minimalis, bahkan yang funky dan unik pun dapat anda dapatkan di rinaldi hotel.

Harga Kamar Rinaldi Hotel
TYPE OF ROOM
RATES
MEALS
Harga Internet
Harga Publish
Rp
Rp
Week Day ( Minggu - Kamis )
Deluxe / Super Deluxe
640.000
700.000 ++

Abf
Executive Room
740.000
800.000 ++
Abf
Junior Suite
1.215.000
2.300.000 ++
Abf
Family Suite
1.265.000
2.350.000 ++
Abf
Executive Suite
1.365.000
2.500.000 ++
Abf
Week End ( Jumat - Sabtu )
Deluxe / Super Deluxe
715.000
800.000 ++
Abf
Executive Room
815.000
900.000 ++
Abf
Junior Suite
1.265.000
2.300.000 ++
Abf
Family Suite
1.315.000
2.400.000 ++
Abf
Executive Suite
1.465.000
2.500.000 ++
Abf


Informasi Tambahan Rinaldi Hotel
1. Harga kamar diatas berdasarkan per kamar per malam dan sudah termasuk, sarapan pagi untuk 2 orang, dan 21 % pajak pemerintah dan pelayanan.
2. Extra Bed hanya berlaku untuk 1 orang dan sudah termasuk sarapan pagi (maksimal 1 Extra Bed per kamar).
3. Maksimal 1 anak (usia dibawah 5 tahun) tidur sekamar dengan orang tua tanpa tambahan biaya (tanpa sarapan pagi).
4. Harga kamar diatas hanya berlaku sampai 20 Juni 2011
5. Biaya Tambahan Musiman berlaku untuk hari libur yang jatuh pada hari Jumat & Senin = Rp. 300.000/kamar/malam.
6. Harga kamar diatas hanya berlaku untuk pasar Domestik (Warga Negara Indonesia)

Contact Us
Rinaldi Hotel (5 Star)
Hr.Soebrantas no 317
email: info@hargahotel.com
telp :   0761 76 92 73 73


PEMASARAN
Pemasaran rinaldi (5 star) di lakukan melalui berbagai macam media  , contohnya media cetak seperti koran dan majalah, media elektronik seperti  internet. Dengan berbagai macam keunggulan dari hotel yang berada 500 meter dari pusat Perbelanjaan Ramayana Robinson panam, . 4 km dari MTC Giant, sepuluh menit dari Bandara Sultan Syarif Kasim  II Pekanbaru,dan 15 menit dari Terminal Akap Payung Sekaki, dan hotel ini dekat dengan universitas riau yang bisa di tempuh dalam kurun waktu 5 menit, dan universitas islam negri suska yang bisa di tempuh dengan kurun waktu lebih kurang 10 menit  yang memiliki harga yang relatif terjangkau untuk kalangan pebisnis yang datang ke pekanbaru bisa menginap di hotel yang memiliki predikat hotel berbintang lima ini.
Media promosi yang sangat tepat seperti koran, majalah dan internet yang relatif lebih murah namun tepat sasaran yang menjadi andalan hotel bintang lima ini. membuat hotel ini akan di kenal di pekanbaru . dan dengan fasilitas yang cukup memadai untuk mendapatkan predikat bintang lima pun akan di capainya.
Penutup
Kesimpulan
Pada dasarnya pemilihan lokasi yang strategis serta pelayanan yang lengkap merupakan daya tarik yang sangat luar biasa bagi bisnis perhotelan, di tambah lagi dengan harga yang cukup murah dan terjangkau bagi kalangan eksekutif muda yang ingin mengadakan family catering dan acara lainnya yang berhubungan dengan bisnisnya. Fasilitas yang di berikan oleh rinaldi hotel akan memenuhi standar untuk hotel berbintang lima yang menyediakan berbagai macam fasilitas yang mendukungnya.

Saran
untuk untuk para eksekutif yang ingin berpergian ke pekanbaru, bisa memesan kamar di grand aquila dengan sistem booking hotel online.dan untuk masyarakat ingin berlibur di sekitar pekan baru bisa berkunjung ke rinaldi hotel. Namun sebelum memesan terlebih dahulu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.
Kritik
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................