Minggu, 11 Desember 2011

konsep bahagia bordir

KONSEP BAHAGIA BORDIR
Pengenalan
            Bordiran merupakan hiasan pakaian baik itu Baju maupuan Rok untuk kaum hawa, yang berbahan baku benang bordir itu sendiri, benang yang di khususkan untuk produk bordiran, serta benang obras yang berfungsi untuk benang bawah(pengikat) sebagai pelengkapnya. Bordiran bisa dikerjakan secara manual dengan mesin bordir manual untuk industri rumah tangga, dan bisa di kerjakan secara  masal dengann mesin bordir komputer yang biasanya di gunakan untuk industri menengah keatas.
Di usaha bahagia bordir ini kami menggunakan mesin manual untuk industri rumah tangga karna skala pemasarannya masih untuk pemerintahan daerah tingkat II yaitu kabupaten Rokan Hilir. Namaun tak hanya  tenaga kerja dari daerah riau saja yang saya gunakan tetapi tenaga kerja ahli di bidang ini yang berasal dari tasik malaya juga turut membantu saya menyelesaikan pesanan
Desain Produk
            Di bahagia bordir ini kami menerima berbagai jenis bordiran tergantung pesanan dan selera pelanggan , dimana biasanya baju kebaya, melayu, muslim , dan baju dinas serta produk konveksi yang lainnya memenuhi daftar pesanan pelanggan untuk di bordir, contoh desain produk bordiran baju kebaya  di bahagia bordir, desain baju kebaya memang agak ribet sedikit dimana sebelum di bordir baju kebaya harus di beri motif terdahulu sebelum di bordir yang biasanya memakan waktu 15 damapai 25 menit untuk pemberian motif di baju, biasanya baju yang di bordir harus di sesuaikan anatara kolaborasi warna benang dengan warna baju/kain yang akan di bordir, agar menghasilkan bordiran yang bagus dan enak di pandang di mata siapapun yang melihatnya.
    
Di dalam proses pengerjaannya, tenaga kerja yang mengerjakan suatu bordiran haruslah berhati-hati karna di dalam proses produksi sering kali terjadi kesalahan proses produksi yang menyebabkan kerusakan pada produk bordiran, khususnya untuk produk kebaya yang mengharuskan adanya pembolongan kain, untuk lebih memperlihatkan keindahan dan kemewahan produk tersebut, bordiran ini tentunya di kerjakan oleh tenaga ahli di bidang bordiran sehingga kialitas bordirannya tidak di pandang sebelah mata oleh konsumen, kesukaran juga sering terjadi dalam proses produksi bordiran yang mengharuskan adanya pembolongan bordiran pada kain yang mana apabila yang mengerjakannya kurang hati-hati maka akan menyebabkan kerusakan pada kain, dan menimbulkan hasil yang kurang memuaskan dari produk bordiran pada kebaya ini.
            Namun hasil bordiran bahagia ini sangat di gemari oleh konsumen daerah kabupaten rohil kususnya bagan siapiapi dan sekitarnya, di bagan siapiapi tempat usaha ini beroperasi biasanya konsumen yang datang kebanyakan konveksi(tukang jahit),instansi pendidikan, rumah sakit, instansi pemerintahan dan lain-lain.
            Karena kerapian dan ketelitian pekerja didalam pengerjaan tiap produk bordiran tersebut membuat pelanggan yang melihat hasil bordirannya tidak merasa kecewa .

Strategi Merek
            Usaha ini sebelumnya di beri nama/merek rohanibordir, namun kurang berpengaruh pada mindset pelanggan dan masyarakat bagan siapiapi pada khusnya jadi  saya putuskan untuk mengganti nama dengan Bahagia Bordir, karena lokasi usaha ini berada di jalan bahagia no 40 dan berjarak kurang dari 2 kilo dari kantor BUPATI ROHIL,DPRD ROHIL dan sekolah terbessar di bagan siapiapi yaitu perguruan wahidin sehingga apabila orang bertanya tentang jalan bahagia . Nama Bahagia Bordir kini sudah populer di usaha-usaha konveksi, instandi pemerintahan, pendidikan, dan organisasi masyarakat yang berada di rohil kususnya di bagan siapiapi dan sekitarnya.
            Usaha bahagia bordir ini sudah masuk tahun ke 7 di mana masyarakat yang berada di bagansiapiapi sudah tak asing dengan nama bahagia bordir yang mana sebulan sebelum bulann ramadan baik konsumen indoividu maupun konveksi dan lain-lain berebut untuk membordir baju di bahagia bordir, sehingga manajemen di bahagia bordir harus membatasi pesanan dari pelaggan dan merekomendasikan bordiran yang akan di bordir ke anak usaha dari bahagia bordir ini, yaitu pembordir yang belajar dulunya di bahagia bordir itu sendiri. Dengan demikian pelanggan tidak akan terlalu kecewa, jika kita membawa bordiran miliknya ke anak usaha dari bahagia bordir. Di sini kami ingin menjaga kesetian konsumen bahagia bordir. Spesifik dari dari nama(merek) dari  bordiran antara lain, biku-biku perawan, biku-biku air mata pengantin, pucuk rebung dan lain-lain.nama-nama yang di sebutkan tadi merupakan nama-nama yang di berikan oleh tukang jahit untuk kreasi biku-biku yang di ciptakan atau di buat oleh pekerja bahagia bordir.
Strategi Pemasaran
            Produk bahagia bordir memang sudah mempunyai tempat di hati pelanggannya, bahkan kini menjadi standar produk bordiran di area bagan siapiapi dan sekitarnya, sehingga terjadi pembicaraan dari mulut ke mulut, dimana pelanggan yang merasa puas akan memakai baju hasil bordirannya ke teman-teman kerjanya sehingga terjadi promosi yang berjalan dengan sendirinya, dan biasanya tukang jahit selalu merekomendasikan bahagia bordir kepada pelanggan yang baru ke bahagia bordir. Di tambah lagi dengan link yang di miliki oleh pemilik usaha ini yaitu ibu rohani, yang juga berprofesi sebagai guru smp muhamadyah bagansiapiapi, yang memiliki kenalan yang luas di oknum guru di rohil, ketua pkk di kelurahannya, dan memiliki banyak link di instansi pemerintahan serta pendidikan sehingga usahanya tidak berjalan di tempat istilahnya.
            Segmentasi dari produk bahagia bordir, untuk produk bordiran kebaya biasanya untuk kalangan menengah keatas dan kalangan menengah ke bawah
Contoh daftar kisaran harga untuk produk bahagia bordir dan segmentasinya.
No
Bordiran
Harga
Segmentasi

1


2


3



4




5

Kebaya


Full bunga + rok


Baju melayu/muslim pria


Biku-biku baju + rok
.Air mata pengantin
.Perawan
 Dll

Pamplet nama

200 s/d 400 ribu


75 s/d 200 ribu


40 s/d 150      




35 s/d 70 ribu
30 s/d 60 ribu


3 s/d 20 ribu

Menengah keatas (ibuk-ibuk pegawai pemerintahan, istri pengusaha, ibuk-ibuk pkk dll )

Menengah keatas ((ibuk-ibuk pegawai pemerintahan, istri pengusaha, ibuk-ibuk pkk dll)

Semua kalangan(pegawai pemerintahan, pengusaha, karyawan dll)



Semua kalangan ((ibuk-ibuk pegawai pemerintahan, istri pengusaha, ibuk-ibuk pkk dll)


Semua kalangan ( pelajar, karyawan<pegawai> instansi pemerintahan/swasta, organisasi masyarakat dll )



Strategi Penjualan
            Didisain dengan seni yang tinggi oleh ahlinya serta menimbulkan kesan yang mewah dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan produk pesaing juga merupakan strategi penjualan produk kami kepada konsumen , di mana kami bisa menekan biaya produk dengan membeli bahan baku lebih murah dari pesaing sehingga sangat kompetitif di harga, dan tak kalah pentingnya ialah tenaga kerja ahli yang di ambil dari pusat kerajianan bordir di daerah tasikmalaya, sehingga hasil produk dari bahagia bordir tampak mengiurkan bagi pencinta bordiran, dengan harga murah, kualitas bagus dengan desain yang wah ...
            Jika dengan harga sangat terjangkau , kualitas no 1, dan hasil bordiran yang berkesan mewah dan indah maka konsumen tidak merasa berat untuk membordir baju di sini.

2 komentar:

  1. tugas manajemen distribusi dan penjualan, oleh pak riki hanri malau se.mm

    BalasHapus
  2. terima kasih kepada allah swt, rasulullah saw. dan temen teman yang dah setia menyemangati selesainya tugas ini... karena waktu pengerjaannya g sampai 20 jam... dengan tengang waktu tugas 2 bulan...

    BalasHapus